Back to homepage

Customer Satisfaction Survey

TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN  PT PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO) TAHUN 2014

 

1. Nilai Kepuasan & Ketidakpuasan Pelanggan PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero)

Nilai Kepuasan Pelanggan 75,29 % atau 3.764
Nilai Ketidakpuasan Pelanggan 24,71 % atau 1.236

 

Nilai Kepuasan Pelanggan PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) tahun 2014 sebesar 75.29%. Pengertian dari nilai tersebut adalah bahwa kinerja PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) dinilai telah mampu memenuhi 75.29% kepuasan pelanggan. Atau bila dikonversikan ke dalam bentuk skala, maka skalanya sebesar 3.764, dimana range skala telah ditetapkan sebesar 5 poin. Perolehan nilai tersebut tergolong cukup bagus, karena telah lebih dari 70%. Sedangkan Nilai Ketidakpuasan Pelanggan sebesar 24.71%.

 

2. Nilai Kepuasan & Ketidakpuasan Pelanggan PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) berdasarkan Lokasi Cabang

LOKASI  NILAI KEPUASAN PELANGGAN 
 NILAI KETIDAKPUASAN PELANGGAN 
% Skala : 5 %  Skala : 5
1. Cabang Belawan 76.17 3.81 23.83 1.19
2. BICT 59.47 2.97 40.54 2.03
3. TPKDB 66.54 3.33 33.46 1.67
4. Cabang Pekanbaru 65.93 3.30 34.07 1.70
5. Cabang Dumai 83.26 4.16 16.74 0.84
6. Cabang Tjg. Pinang 72.36 3.62 27.64 1.38

 

Dari tabel tentang nilai kepuasan pelanggan berdasarkan lokasi, jika dibandingkan antar 6 lokasi tersebut, terlihat bahwa pelanggan di Cabang Dumai memiliki tingkat kepuasan yang paling tinggi, yaitu sebesar 83.26%, atau dalam bentuk skala sebesar 4.16.  Sebaliknya BICT memiliki nilai kepuasan pelanggan paling kecil, sebesar 59.47% (2.97).Cabang Pekanbaru dan TPKDB memiliki nilai kepuasan pelanggan yang berdekatan, masing-masing sebesar 65.93% dan 66.54%.