Tinjau Penyebrangan Ro-Ro, KSOP Pastikan Aspek Keselamatan Pelayaran

By Rezky Agustia Retnowati 31 Des 2018, 09:04:29 WIBPort

Tinjau Penyebrangan Ro-Ro, KSOP Pastikan Aspek Keselamatan Pelayaran

DUMAI (MR) - Sesuai perintah Menteri Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut kepada Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai dalam rangka menghadapi Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru) bekerjasama dengan instansi terkait untuk memantau kegiatan agar jangan sampai terhambat.

"Tapi, dalam rangkaian ini juga kita tetap memperhatikan aspek keselamatan pelayarannya. Jadi, penumpang yang dizinkan naik itu sesuai dengan jumlah kapasitas Kapalnya," tegas Kepala KSOP Kelas I Dumai melalui Kasi Keselamatan Berlayar, Capt. Yuzirwan kepada wartawan, kemarin.

Dalam hal ini KSOP Kelas I Dumai juga selalu memantau keadaan cuaca dan memantau arus penumpang, baik itu kendaraan yang naik dan turun serta pengemudinya, agar yang naik ke kapal itu tidak melebihi kapasitasnya.

"Untuk kapalnya sendiri, kita sudah melakukan uji petik dan hasil dari uji petiknya juga sudah kita sampaikan langsung kepada Dirjen Perhubungan Laut," sebut Iwan sapaan akrab Alumni Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan.

Dia menambahkan, daya angkut/muatan yang diizinkan untuk KMP Kakap sebanyak 12 Mobil dan 25 sepeda motor. Sedangkan KMP Swarnadarma sebanyak 15 mobil dan 30 sepeda motor.

"Kepada penumpang agar tetap bersabar, karena akan ada penambahan trip jika semuanya belum terangkut dan kepada operator kapal agar tetap mengutamakan keselamatan berlayar," sebut Iwan seraya menegaskan akan ada sanksi jika menyalahi aturan, apalagi melebihi daya angkut yang sudah ditentukan. 

 

Penulis: Dika CP


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook