PLN dan Pemerintah Resmikan 100 Persen Desa Berlistrik Untuk Kota Dumai

By Rezky Agustia Retnowati 31 Des 2018, 09:10:18 WIBEconomy

PLN dan Pemerintah Resmikan 100 Persen Desa Berlistrik Untuk Kota Dumai

DUMAI (MR) - PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Dumai melaksanakan Peresmian 100 persen Desa Berlistrik untuk Kota Dumai.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh GM PT PLN (Persero) WRKR, M. Irwansyah dan Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo pada Sabtu (22/12/2018) bertempat di lapangan kantor bersama, jalan HR. Soebrantas, Dumai.

"Ini merupakan wujud nyata dari Sinergi antara BUMN dan Pemda untuk terus berkarya membangun Negeri Indonesia tercinta," ujar GM PT PLN (Persero) WRKR, M. Irwansyah.

Kota Dumai merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Riau. Luas Wilayah sebesar 1.772,38 KM persegi. Kota Dumai memiliki 7 (Tujuh) Kecamatan dan 33 (Tiga Puluh Tiga) Kelurahan.

"Kota Dumai terkenal, salah satunya adalah adanya beberapa Industri yang berada di Dumai, ini juga dibuktikan dengan pemakaian energi listriknya, dimana hampir 50 persen listrik PLN di Dumai digunakan oleh Industri dan Bisnis. Untuk ukuran kota kecil ini merupakan suatu hal yang menggembirakan bagi gerak perekonomian suatu wilayah," terangnya.

Meskipun demikian, kata Irwansyah, perhatian PLN tidak hanya melayani listrik untuk kalangan Industri dan Bisnis, tapi juga untuk masyarakat di pedesaan.

"Hal ini dibuktikan dengan menjadikan Kota Dumai pada Tahun 2018 sebagai salah satu Kabupaten/Kota yang Desanya sudah 100 persen teraliri listrik. Ini merupakan salah satu prestasi tersendiri karena dari 12 Kabupaten/kota di Propinsi Riau hanya ada 4 Kabupaten yang 100 persen desanya sudah teraliri listrik, dan Kota Dumai adalah salah satunya," tegasnya.

Selesainya pembangunan Jaringan listrik di Kelurahan Batu Teritip, Kecamatan Sungai Sembilan menjadi penutup akhir tahun 2018 yang membahagiakan bagi Kota Dumai dan PT PLN (Persero) WRKR dalam upaya peningkatan Rasio Desa Berlistrik dan Rasio Elektrifikasi.

"Kelurahan Batu Teritip yang terletak di Kecamatan Sungai Sembilan menjadi pelengkap kelurahan sehingga Rasio Desa Berlistrik Dumai Kota mencapai 100% (Seratus Persen) dengan tambahan jumlah pelanggan sekitar 970 pelanggan," jelasnya.

Untuk melistriki Kelurahan Batu Teritip dibangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) : 26 (Dua Puluh Enam) KMS, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) : 33 (Tiga Puluh Tiga) KMS, dan Trafo Distribusi : 6 (Enam) unit.

"Berbagai kendala muncul dalam upaya melistriki kelurahan, antara lain infrastruktur jalan yang belum terbangun dengan baik. Namun hal ini tidak menjadi halangan PT PLN (Persero) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Besarnya dukungan Pemerintah daerah dan masyarakat menjadi penyemangat bagi PLN untuk terus membangun negeri," tutup Irwansyah.

Sementara, Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo mengatakan tenaga listrik mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan.

"Alhamdulillah, pemasangan jaringan listrik di Kota Dumai telah rampung 100 persen. Untuk itu kita berharap, tidak ada lagi Kelurahan yang lokasinya jauh dari pusat kota tidak teraliri listrik, sehingga seluruh aktivitas masyarakat, pemerintahan dan pelayanan umum semakin meningkat," tutur Eko.

Pemerintah berharap bahwa jaringan yang telah terpasang 100 persen ini nanti diikuti pula dengan pasokan tenaga listrik yang juga 100 persen bisa dinikmati masyarakat sebagai konsumen. (*)

 

Penulis: Dika CP


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook