Pelabuhan Feri Penumpang Dumai Beroperasi Tahun 2019

By Rezky Agustia Retnowati 31 Des 2018, 08:41:14 WIBPort

Pelabuhan Feri Penumpang Dumai Beroperasi Tahun 2019

DUMAI, Globalriau.com - PT Pelabuhan Dumai Berseri (BUMD) Kota Dumai targetkan awal Februari 2019 Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan mulai beroperasi melayani jasa transportasi laut, rute domestik dan internasional.

Direktur Operasional PDB Syahroni Adrian menyebut, pelabuhan feri penumpang kini masih dilayani di terminal penumpang PT Pelindo I Dumai, dan BUMD kepelabuhanan Dumai melirik peluang bisnis ini untuk penerimaan daerah.



"Peralihan pelabuhan penumpang laut dari pelindo ke perusda ini karena status badan usaha pelabuhan ini kita diberi kewenangan untuk mencari peluang bisnis," kata Syahroni, Senin.

Dijelaskan, pemindahan pelabuhan feri penumpang ini sudah berproses panjang sejak awal 2018, dan berkoordinasi ke sejumlah instansi, di antaranya, kementerian perhubungan dan kementerian keuangan.

Dalam perjanjian kerjasama, BUMD tahap awal berwenang mengelola sisi darat menarik retribusi pas masuk pelabuhan dan kapal, sedangkan sisi laut dikelola kesyahbadaran.

"Sebelum dioperasikan, saat ini sedang pembenahan gedung fasilitas terminal dan infrastruktur pendukung sisi darat, seperti akses masuk dan lainnya," sebut dia.

Kedalaman perairan pelabuhan Bandar Sri Bunga Tanjung di Kelurahan Purnama Dumai ini, lanjutnya, sangat mendukung untuk lalu lintas kapal feri penumpang dan kapal roro, sehingga tidak ada persoalan.

Perusda diklaim tanpa penyertaan modal pemerintah daerah ini, juga sudah mengundang pengusaha pelayaran feri penumpang terkait perpindahan lokasi pelabuhan.

"Perusahaan pelayaran sudah setuju dan dalam pengelolaan nanti ada kerjasama bagi hasil perusda dengan potensi miliaran rupiah," ujarnya.

Selain menggarap bisnis pengelolaan pelabuhan feri penumpang, PT PDB ini berencana menjalankan delapan bidang usaha, di antaranya pengapalan, penyewaan gedung terminal dan lain lain.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook